Skip to content

4 Tahun Kerja, Ini yang Sudah Dilakukan Pemerintah! Mana yang Paling Kamu Rasakan?

Jadi anak muda, memang sudah seharusnya kritis. Mengawal kerja pemerintah, cari tahu apa yang sudah dilakukan dan apa yang masih belum dicapai. Tapi, memenuhi dunia maya dengan berbagai nyinyiran nggak penting tanpa ngasih masukan apalagi solusi berarti, ya kamu itu sebenarnya ngapain selain cuma bikin gaduh?

Beruntungnya saya, hari ini berkesempatan hadir di acara Flash Blogging: 4 Tahun Indonesia Kreatif. Diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, acara ini berlokasi di PO Hotel Semarang. Dari paparan Bapak Andoko Darta (Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika), saya bersama banyak anak muda di Jawa Tengah jadi tahu, apa saja sih yang sebenarnya sudah dilakukan pemerintah, dan apa sih kontribusi yang bisa kita lakukan untuk mendukung?

Kamu Anak Muda yang Mau Jadi Apa?

Punya banyak cita-cita? Atau masih bingung mau ngapain dan terjebak di quarter life crisis? Nih, saya kasih tau, pilihan-pilihan yang bisa kamu ambil!

Anak Muda yang PEDULI

Tak banyak orang yang memiliki kepedulian tinggi. Kalau kamu salah satu dari orang yang selalu ingin membantu orang lain, yuk mulai aktif di kegiatan kerelawanan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang kesulitan.

Mau tahu gimana bentuk kepedulian pemerintah untuk rakyat?

KREATOR Penuh Ide

Kamu punya banyak ide, ingin melakukan perubahan? Coba terjun ke dunia digital, yuk bikin start up! Pemerintah sudah membuat Go StartUp Indonesia; platform bertemunya para StartUp dan Investor. Ternyata, pemerintah sudah menyalurkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2018 untuk pelaku ekonomi kreatif dan startup di berbagai sektor loh. Mulai dari fashion, kuliner, kriya sampai aplikasi digital dan games.

Bingung untuk mulai karena terhambat modal? Jangan sedih! Ada yang namanya Program Ultra Mikro (UMi). Ini bisa kamu pakai untuk mereka yang tak terjangkau perbankan! Pinjaman yang didapatkan bisa mencapai 10 juta Rupiah loh!

PAHLAWAN yang Mengharumkan Nama Bangsa

Gegap gempita Asian Games dan Asian Para Games 2018, bukan sekedar tentang megahnya opening dan closing ceremony. Atlet-atlet pahlawan kita, kerja keras hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Ada peningkatan prestasi yang signifikan. Jumlah emas yang diraih saja bisa berkali-kali lipat dari periode sebelumnya.

Kamu menyebut pencapaian ini sebuah kebetulan saja? Mana bisa! Kerja keras para atlet ditambah dukungan pemerintah dalam melakukan pembinaan lah kunci sukses keberhasilan kita di Asian Games dan Asian Para Games tahun ini.

EKSPLORER yang Tak Henti Menjelajah

Hidup di negara secantik Indonesia, memang rugi ya rasanya kalau hanya diam di satu tempat. Kamu si jiwa petualang, sudah menjelajah di destinasi pariwisata apa aja?

Dalam 4 tahun terakhir, pemerintah sudah melakukan pengembangan infrastruktur di 10 destinasi pariwisata. Mana aja? Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Borobudur, Mandalika, Bromo, Labuan Bajo, Wakatobi sampai Morotai. Sampai September 2018, hampir seluruh Destinasi Pengembangan Pariwisata ini mencapai target dong! Penasaran nggak sih kayak gimana lokasi-lokasi keren ini sekarang?

CENDEKIAWAN yang Terus Ingin Belajar

Ingin terus belajar? Haus akan ilmu baru? Ada banyak peluang beasiswa yang bisa kamu raih. Mulai dari Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), hingga beasiswa untuk siswa miskin berprestasi dan beasiswa afirmasi.

Anggaran pendidikan itu meningkat loh dalam 4 tahun terakhir! Dari 126 T (2014) jadi 147 T (2018). Yuk tingkatkan kualitas diri biar bisa bersaing mendapatkan beasiswa-beasiswa ini!

ORANG BIASA yang Melakukan Hal Luar Biasa

Harus gagal agar bisa berhasil
Harus gagal agar bisa berhasil

Presiden Joko Widodo itu orang biasa. Orang kecil yang melakukan hal luar biasa sampai jadi beliau sekarang. Melakukan yang terbaik di setiap hal yang kamu lakukan, bisa membuatmu “jadi orang” juga kok!

“Aku cuma karyawan”, “Aku cuma pedagang kecil”, bla bla bla. Berhenti mengatakan “cuma” karena kamu bisa tetap luar biasa di bidang yang kamu lakukan!

Tetap Damai, Jangan Hanya Bikin Gaduh

Sudah banyak yang dilakukan pemerintah selama 4 tahun terakhir. Katanya, menurut salah satu penelitian, negara kita bakalan jadi negara maju no.5 di dunia loh. Hal ini disampaikan oleh Ibu Rosarita Niken Widiastuti, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik yang membuka acara Flash Blogging ini.

Ada banyak hal yang sudah kita capai sebagai sebuah negara. Pembangunan infrastruktur yang mendukung berbagai sektor di daerah adalah salah satunya. Enggak hanya itu, dunia digital juga jadi salah satu yang jadi perhatian pemerintah! Mulai dari UMKM Go Online, sampai pembinaan generasi millenials untuk mendukung industry 4.0.

Melalui semua pencapaian ini, nggak mustahil sih hasil penelitian itu jadi nyata. Nah, yang perlu kita lakukan biar kita benar-benar jadi negara maju adalah sesederhana nggak bikin gaduh di dunia maya! Berasa banget kan rebut-ribut berbagai hoax sampai ujaran kebencian begitu berpengaruh di dunia nyata?

Dari sekarang, yuk kendalikan jempol, pastikan dunia maya kita kondusif agar negara tetap damai dan stabil. Tak perlu menghabiskan energi untuk nyinyir sana-sini sambil share informasi hoax!

“Kita bisa jadi negara maju, asal bisa jaga situasi negara” –Rosarita Niken Widiastuti, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik

“Membangun Manusia Indonesia adalah investasi kita untuk menghadapi masa depan, dan melapangkan jalan menuju Indonesia maju”
Presiden Jokowi, Sidang Tahunan MPR RI 16-8-2018

Share

2 Comments

  1. Sippp….mmg padat tp bernas. Pantas jd juarak. Selamat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *