Skip to content

The Founder

Banyak film-film biopik selalu bercerita dari sudut pandang bagaimana si tokoh utama digambarkan selayaknya seorang hero. Sebenarnya mungkin memang itu lah alasan kenapa si tokoh ini sampai dibuat filmya. Hal yang sama mungkin berlaku pada The Founder, awalnya saya kira begitu.


Michael Keaton memerankan Ray Kroc, pria paruh baya dengan kehidupan yang sudah cukup namun tidak berlebih. Namun, ia merasa hidupnya masih selalu kekurangan. Kroc kini menjual milkshake maker yang ditargetkan untuk pengusaha-pengusaha restoran. Tidak ada yang tertarik dengan mesin yang dijual Kroc. Hingga suatu ketika mesin Kroc dipesan oleh sebuah restoran. Kroc yang belum pernah berhasil menjual mesinnya itupun antusias untuk mendatangi restoran ini meski ia harus mempuh perjalan yang jauh, di luar area ia biasanya memasarkan produknya.

Dari sinilah kemudian kisah dimulai.

Kroc bertemu dengan Mac dan Dick Mc.Donalds yang mengelola restauran dengan sistem yang beda dari restauran-restauran lain di era tahun 1950-an saat itu. Kroc melihat sistem bekerja di dalam dapur restauran tersebut. Bagaimana burger bisa siap dalam beberapa menit saja. Kroc pun melihat sebuah potensi untuk menjadikan restauran ini sebagai franchise dan mengajak Mc.Donalds bersaudara untuk bekerja sama.

Kerja keras, ulet, melihat peluang dari segala hal, hingga tidak pernah lelah untuk mencoba. Hal ini bisa kita lihat dari karakter Ray Kroc yang mengupayakan berbagai hal untuk membiayai bisnis barunya ini. Namun, pada akhirnya, memang hidup tidak hanya sekedar melulu tentang yang positif-positif saja. Ray Kroc adalah seorang pengkhianat. Ia memutuskan kerja sama dengan Mc.Donalds bersaudara, tidak membayarkan royalti kepada Mc.Donalds bersaudara, membeli nama Mc.Donalds,  menceraikan istrinya dan menikah dengan istri mantan koleganya.  In a way, He is the villain of the story. Kita tidak bisa memungkiri mungkin tidak akan ada Mc.Donalds seperti saat ini jika bukan karena Kroc, tapi tetap ya kok kurang ajar sekali. Atau mungkin memang itulah cara bagaimana bisa bertahan dalam dunia bisnis yang keras itu?

Saya menonton the founder tanpa baca sinopsis dimana-mana dan hanya tahu bahwa film ini bercerita tentang Mc.Donalds. Saya sendiri belum pernah tertarik untuk mencari tahu siapa sebenarnya founder dari Mc.Donalds ini. Meksipun saya remaja dulu pernah ada dalam masa dimana saya suka sekali dengan hal-hal terkait tokoh-tokoh dunia.

Pada akhirnya, bagaimanpun Michael Keaton menurut saya berhasil membawakan karakter Ray Kroc dengan sempurna. You will fall in love with his acting that you will  end up hating Ray Kroc. Dan saya rasa sekali kita nonton The Founder, selamanya kita akan mengingat kisah ini tiap kali kita melihat the Golden Arches.

Share

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *