Skip to content

Hyori’s Bed and Breakfast Season 2 Variety Show Korea yang Beda

Hyori’s Bed and Breakfast Season 2: Variety Show Korea yang Beda. Jika bisa dikategorikan, menurut saya ada 2 tipe kelompok orang yang menjadi penikmat Korean pop culture. 

  • Penikmat Kpop; mereka yang memang suka berbagai musik mainstream Korea alias fans berat girlband dan boyband.
  • Penonton Kdrama; mereka yang hanya menonton drama-drama Korea saja.

Lalu, dari fans idol atau karena masih baper nonton drama, kemudian mulai nonton variety show yang ada si artis. Meskipun tentu setiap orang punya “perjalanan”-nya sendiri dalam menikmati kehebohan Korean waveKalau saya termasuk si golongan ke-2. Saya nggak paham soal girlband dan boyband Korea, tapi saya nonton drama Korea dari zaman SD dulu. Kalau soal musik Korea saya malah jatuh cinta dengan musik-musik indie mereka yang pernah saya tulis disini.

Kenapa Nonton Variety Show Korea?

Meski saya bilang kemungkinan nonton variety show karena penasaran dengan si artis yang menjadi bintang tamu, lain cerita dengan yang saya alami pertama kali. Variety show pertama saya malah The Return of Superman/ Superman is Back. Variety show tentang ayah-ayah selebritis yang mengasuh sendiri anaknya. Saya nonton karena gemes liat si triplets Daehan, Minguk, Manse. Bukan karena ayah mereka; Song Il Kook, yang kata teman saya pernah main di salah satu drama historical yang cukup bikin heboh.

Episode pertama Triplets-Daehan Minguk Manse di The Return of Superman
Episode pertama Triplets-Daehan Minguk Manse di The Return of Superman (pic: soompi)

Variety show kedua yang saya tonton adalah Running Man. Saat Running Man sedang di masa jayanya, saya justru nggak ngerti lucunya Running Man itu di mana. Hingga ketika masa-masa stres mengerjakan skripsi, saya mencari tontonan yang bisa bikin ketawa. Saya pun randomly memilih salah satu episode Running Man, dan benar ternyata memang bikin hilang stres.

Variety Show Favorit

Pasca The Return of Superman dan Running Man, saya mulai cari-cari variety show-variety show lainnya. Dari sekian banyak, saya suka program-program bikinan Na PD. Buat yang nggak tahu, yang saya maksud dengan Na PD adalah Produser top di Korea bernama Na Yong Seok (PD = Program Director). Setelah keluar dari KBS – 2 Days 1 Night dan bergabung di TVN, ia banyak sekali produksi program-program variety show musiman yang hampir semua saya suka. Yang paling bikin ngakak tentu New Journey to The West; semacam versi baru 2 Days 1 Night dengan bintang-bintang jebolan 2 Days 1 Night season pertama.

New Journey to The West - Variety Show games dan traveling
New Journey to The West – Variety Show games dan traveling (pic: dramabanget.com)

Selain New Journey to The West, ada program-program lain bikinan Na PD yang saya suka karena dibanding bikin ketawa ngakak lebih banyak memberikan sensasi menenangkan jiwa saat nonton. Vibe yang dihadirkan calming gitu. Diantaranya seperti Three Meals a Day, berbagai series Over Flowers dan salah satu yang cukup heboh di Indonesia tentu saja; Youn’s Kitchen, tentang aktor dan aktris top Korea yang membuka rumah makan selama beberapa hari dan syutingnya di Gili Trawangan, Lombok. Youn’s Kitchen sendiri sekarang sedang tayang season 2-nya yang mengambil lokasi syuting di Tenerife, Spanyol.

Yoon's Kitchen season 1 berlokasi di Lombok
Yoon’s Kitchen season 1 berlokasi di Lombok (pic: allkpop)

Program-program bikinan Na PD inilah yang membuka mata kalau variety show Korea nggak semua games show seru-seruan. Karena nonton variety show dengan vibe calming bikinan Na PD, saya jadi suka dengan variety show sejenis. Nah, yang saat ini sedang heboh tentu saja Hyori’s Bed and Breakfast yang sudah masuk season 2 dan baru tayang 4 Februari lalu.

Hyori’s Bed and Breakfast

Hyori’s Bed and Breakfast merupakan program variety show Korea Selatan tentang seorang penyanyi: Lee Hyori, yang membuka rumahnya di pulau Jeju menjadi Bed and Breakfast/guesthouse. Buat pecinta Korea lama, mungkin tahu siapa Lee Hyori karena dia mantan anggota girlband dan pernah membintangi variety show Family Outing. Meski katanya Lee Hyori ini superstar, semacam Agnez Monica kalik ya kalau disini. Saya sendiri malah nggak tahu siapa Lee Hyori.

Hyori's Bed and Breakfast season 1
Hyori’s Bed and Breakfast season 1 (pic: allkpop)

Saya justru nonton Hyori’s Bed and Breakfast season 1 di tahun 2017 lalu karena memang motivasinya ingin cari variety show yang mirip-mirip bikinan Na PD. Program variety show dengan vibe yang calming itu tadi. Orang Korea menyebutnya dengan frasa “healing” yang bukan bermakna literally menyembuhkan. Healing dalam Korean-English berarti sesuatu yang menenangkan, tentram, slow paced feeling. Meski begitu, program-program dengan vibe calming begini mungkin malah membosankan sih ya bagi mereka yang terbiasa nonton Running Man, 2 Days 1 Night dan Infinity Challenge.

Banyak Orang yang Nggak Tahu

Mungkin karena tidak tayang di saluran TV mainstream seperti KBS, SBS, dan MBC, Hyori’s Bed and Breakfast yang tayang di JTBC tidak se-luar biasa Running Man di masa jayanya. Meski di season pertamanya Hyori’s Bed and Breakfast mendapatkan rating yang cukup bagus di Korea dan cukup bikin heboh, ternyata masih banyak orang yang nggak tahu tentang variety show ini.

Bahkan, ketika saya iseng buka tagar #hyoribedandbreakfast di Instagram dan menemukan salah satu postingan akun fanbase Yoona SNSD, ada salah satu komentar yang berkata “Ini acara apaan sih? Tentang keluarga Yoona ya?” padahal dari akun-nya terlihat jelas si netizen ini adalah pecinta Kpop sejati.

 

Hyori's Bed and Breakfast Season 2- Lee Hyori, Lee Sang Soon dan Yoona SNSD
Hyori’s Bed and Breakfast Season 2- Lee Hyori, Lee Sang Soon dan Yoona SNSD (pic: soompi)

Meski begitu, sepertinya di season  kali ini Hyori’s Bed and Breakfast lebih heboh karena keberadaan Yoona SNSD itu sendiri. Yoona  menggantikan IU -penyanyi dan aktris yang ceritanya menjadi staff di guesthouse Hyori. Meskipun IU tentu nggak kurang terkenal tapi sepertinya masih kalah kalau dibandingkan dengan si Yoona yang personil girlband. Saya sih awalnya termasuk bagian dari mereka yang menyayangkan kenapa bukan IU lagi saja. Namun, setelah menonton 2 episode awal, si Yoona cukup menghibur dan juga nggak kalah quirky dengan IU.

Lebih dari itu, di season 2 kali ini juga nggak cuma ada Yoona, namun ditambah aktor terkenal si Park Bo Gum. Park Bo Gum sendiri pernah tampil juga di variety show Youth Over Flowers in Africa bikinan Na PD yang membernya berisi para aktor pemain drama Reply 1988. (Maafkan karena nyebut-nyebut Na PD mulu di postingan yang bukan tentang program Na PD. Kalau kata teman saya yang sama-sama pecinta variety show bikinan Na PD, kami bakal sama hebohnya seperti anak Kpop yang ketemu idol kalau sampai ketemu Na PD hahaha)

Musim Baru Fasilitas Baru

Hyori’s Bed and Breakfast season 1 berlangsung ketika musim panas. Kita bisa melihat indahnya laut Jeju dan berbagai aktivitas yang dilakukan Hyori bersama para tamu. Hyori’s Bed and Breakfast season 2 kali ini berlangsung ketika musim dingin. Pemandangan yang berbeda dari Pulau Jeju yang bersalju.

Tidak cuma pemandangan, ada juga tambahan fasilitas baru di season 2 kali ini. Bagi yang sudah nonton season pertama pasti tau jika dulu setiap malam para tamu melakukan barbekyu di halaman. Namun, di season kali ini karena musim dingin, disiapkan Yurt/Ger. Tenda ala Mongolia yang didalamnya tersedia penghangat dan bisa digunakan untuk membakar ubi, makanan favorit di kala musim dingin. Open air tub pun disiapkan di halaman belakang yang bisa digunakan para tamu untuk berendam.

Yurt/Ger. Tenda ala Mongolia
Yurt/Ger. Tenda ala Mongolia

Pilihan Musik di Hyori’s Bed and Breakfast

Musik menjadi bagian penting dari program ini karena Lee Hyori dan si suami Lee Sang Soon adalah musisi. Namun, di season 2 kali ini background music-nya sering menggunakan lagu-lagu Yoona yang sayang bukan selera saya. Menurut saya lagu-lagu IU yang calming lebih cocok dengan vibe programnya.  Jika saya nggak salah ingat di season 1 pun musik IU tidak diputar sebanyak musik Yoona. Dulu lebih sering musik-musik yang diputar oleh Lee Sang Soon yang menjadi background music. Dari situlah saya menemukan berbagai penyanyi  keren seperti Alexi Murdoch hingga berbagai lagu lama menenangkan jiwa.

Saya jatuh cinta dengan pilihan-pilihan lagu yang diputar Lee Sang Soon. Sayangnya, sudah dua episode namun si Lee Sang Soon jarang sekali memutar musik dibandingkan dengan ketika season pertama lalu. Kita tunggu saja semoga semakin banyak episode nanti bisa tambah juga daftar playlist lagu-lagu enaknya. Atau mungkin ada lagu Yoona yang nggak terlalu pop dan lebih menenangkan jiwa?

Kalau belum pernah nonton variety show Korea karena berpikir cuma program games konyol, coba deh nonton Hyori’s Bed and Breakfast ini.

Share

6 Comments

  1. Aku suka nonton k drama tapi ngga ngeh nama aktor aktrisnya padahal beken banget hihi..

  2. Aku variety show korea yang kutonton cuma running man di masa jayanya. Lebih senang nonton dramanya sih. Tapi pd na ini memang keren-keren ya programnya. Sampai sempat dapat daesang juga

    • Iya bener banget. Variety show Na PD memang keren-keren.

  3. Aku malah belum pernah nonton variety show Korea. Yoona SNSD ya itu salah satu artis Korea favorit aku waktu jaman SMK. Makasih sharingnya mbak Vitri.

    • Kalau butuh hiburan-hiburan ringan nonton variety show seru loh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *