Skip to content

Koka Cheese Tea: Akhirnya Kesampaian Menikmati Teh Keju di Loffle Pop Up Dessert Semarang

Koka Cheese Tea: Akhirnya Kesampaian Menikmati Teh Keju di Loffle Pop Up Dessert Semarang. Mengikuti tren kuliner memang nggak ada habisnya dan pasti selalu bikin penasaran. Hal inilah yang saya alami –dan banyak orang lain di berbagai penjuru dunia- termasuk kamu juga kan? Sayangnya, meski sudah heboh di berbagai negara, tren kuliner satu ini justru cukup lama baru masuk di Indonesia, khususnya Semarang. Mungkin kalah juga sama kuliner lain yang lebih cepat menarik perhatian. Kuliner yang saya maksud itu adalah Cheese Tea. Setelah cukup lama saya baca sebuah artikel tentang hebohnya cheese tea  di Beijing, akhirnya kesampaian juga saya menikmatinya langsung. Tentu nggak perlu jauh-jauh, karena akhirnya ada juga cheese tea di Semarang. Yay!

Cheese Tea: Beijing hingga California, dari Artikel hingga Video Youtube  

Tahun 2017, saya baca headline sebuah artikel tentang hebohnya orang di Beijing ngantri di sebuah café demi teh. Sebegitu heboh sampai orang rela antre pagi-pagi dan butuh waktu hingga 7 jam demi 2-3 gelas teh (tiap pengunjung dibatasi maksimal beli 3 gelas). Setelah saya baca isi artikel itu, ternyata si teh bukan sekedar teh biasa. Melainkan, teh unik yang dilapisi krim keju diatasnya. Dari situlah pertama kali saya tau ada tren minuman baru bernama  cheese tea ini.

Sebegitu hebohnya. Begini orang antri beli cheese tea di Beijing | Credit: Matjaz Tancic/Vice
Saking hebohnya, sebegini panjang dong antrian orang demi beli cheese tea di Beijing | Credit: Matjaz Tancic/Vice

Kemudian, beberapa bulan lalu, saya nonton video Youtube Tyler Williams (pacar Safiya Nygaard –eks Ladylike Buzzfeed). Si Tyler bersama Safiya mengunjungi salah satu kedai cheese tea di Los Angeles, California. Jadi, ternyata tren cheese tea itu akhirnya hits juga di Amerika Serikat sana. Makin penasaran lah ya saya. Apalagi waktu itu di Indonesia tren cheese tea ini belum juga heboh dibanding Es Mangga, Thai Tea hingga Es Kepal.

Sedih ya, bahkan urusan tren kuliner aja Indonesia suka ketinggalan. Kapan pula ya minuman Indonesia jadi viral di berbagai penjuru dunia? (Malah jadi serius, semacam persoalan negara banget hahaha)

Koka Cheese Tea Loffle Pop Up Dessert: Menjawab Rasa Penasaran 

Setelah berbulan-bulan pengen tahu uniknya rasa teh keju, akhirnya minggu lalu rasa penasaran saya pun terjawab. Koka Cheese Tea-lah yang menjawab rasa penasaran saya itu. Semua berawal dari ajakan teman untuk kumpul-kumpul cantik dalam rangka libur lebaran. Bosan tiap kali hang out larinya ke kedai kopi, seorang teman pun menyarankan untuk ke Loffle Pop Up Dessert.  Lokasinya pas banget ada di tengah kota, tepatnya di Jl. Pleburan Barat No.10 (nggak jauh dari Ind*mrt). Sesuai namanya, Loffle memang hanya menjual dessert. Pas  lah dengan kebutuhan kami yang memang cuma mau duduk-duduk cantik sambil ngobrol dan nggak mau makan berat.

Loffle Pop Up Dessert Downtown- Pleburan Semarang
Loffle Pop Up Dessert Downtown- Pleburan Semarang

Saya sendiri baru tau kalau ternyata Loffle punya cabang di Semarang Bawah. Sekitar tahun 2015 ketika masih kuliah di Undip Tembalang, saya pernah ke kedai pertama Loffle yang ada di Jl. Prof. Soedarto. Nah, saat itu mereka baru hanya menjual Oriental Dessert dari Taiwan. Sekarang ternyata mereka sudah jual berbagai macam menu lain. Mulai dari Anmitsu si dessert khas Jepang, Honey Toast, Cheese Tart, smoothie bowl  yang cantik dan instagramable banget, hingga  menu terbarunya yakni Koka Cheese Tea.

Koka Cheese Tea dan Anmitsu
Koka Cheese Tea dan Anmitsu

Tentu tanpa pikir panjang, saya pun memesan si Koka Cheese Tea ketika si Mbak  menawarkan menu baru mereka itu. Dalam hati sih girang banget, awalnya cuma memang mau cari dessert eh malah menjawab rasa penasaran berbulan-bulan terhadap cheese tea.

Fun Fact

Koka adalah nama sebuah daerah di Jepang yang terkenal sebagai tempatnya lahir para Ninja! Salah satu tradisi penduduk Koka adalah minum teh. Kebiasaan ini bikin mereka memiliki stamina yang kuat dan usia relatif panjang. Hal ini menginspirasi Loffle Pop Up Dessert memberi nama Koka untuk menu cheese tea mereka.  

 

Varian Rasa dan Harga Koka Cheese Tea 

Loffle menyediakan berbagai macam varian rasa Koka Cheese Tea. Jadi, bisa pilih sesuka kamu aja mau pakai teh rasa apa. Ada dua pilihan size juga yakni small dan medium. Harga  satu gelas hanya 15-19 ribu rupiah. Murah, kan? Sebenarnya hampir semua menu di Loffle terjangkau kok. Jadi, nggak perlu khawatir buat cobain.

Varian Rasa-Daftar Harga Menu Koka Cheese Tea di Loffle Pop Up Dessert Semarang)
Varian Rasa-Daftar Harga Menu Cheese Tea di Loffle Pop Up Dessert Semarang

Cara Menikmati Koka Cheese Tea

Ada berbagai macam varian Koka Cheese Tea. Tapi karena saya memang penasaran dengan rasa asli cheese tea, saya pun memilih pesan rasa original. Dalam segelas original Koka Cheese Tea, ada perpaduan sedikit pahit segar dari si teh hijau ditambah manis gurih dari krim keju.

Mbak Barista Bikin Koka Cheese Tea Matcha Pesanan Teman Saya
Mbak Barista Loffle Pop Up Dessert

Saya memang nggak begitu suka minuman ataupun makanan yang terlalu manis, untuk itu saya request less sugar. Si Mbak juga nawarin kok preferensi gula untuk Koka Cheese Tea kamu. Racikan si Mbak ini ternyata memang pas di lidah saya. Saya masih bisa merasakan rasa si teh hijaunya dan jadi tambah nikmat dengan gurih manis creamy-nya si krim keju loh.

Jangan Takut Belepotan, Memang Begitu Cara Menikmati Koka Cheese Tea yang Benar
Jangan Takut Belepotan, Memang Begitu Cara Menikmati Koka Cheese Tea yang Benar

Ada cara tersendiri ya biar kamu bisa merasakan uniknya rasa Koka Cheese Tea ini. Jangan bingung nyari sedotan, karena Koka Cheese Tea ini harus kamu teguk langsung dari gelas. Sudah ada tips-nya kok di setiap meja. Si Mbak juga dengan ramah menjelaskan.

Cara menikmati Koka Cheese Tea
Cara Menikmati

Enggak Suka Keju? Takut Eneg?

Seringkali, tren kuliner itu nggak memenuhi ekspektasi atau justru kita malah nggak suka kan? Saya yakin pasti ada diantara kalian yang baca review ini dan masih  nggak tertarik untuk ikutan cobain cheese tea. Apalagi  buat kamu yang nggak suka keju dan takut eneg.

Koka Cheese Tea Rasa Original di Spot Favorit
Koka Cheese Tea Rasa Original di Spot Favorit

Sebenarnya wajar aja sih kalau ragu untuk cobain menu baru. Namun, sungguh deh nggak usah takut atau ragu cobain Koka Cheese Tea ini! Rasanya nggak eneg kok. Gini deh, pernah minum milk tea? atau milk shake? atau minuman lain yang ada topping whipped creamnya kan? Kalau kamu nggak eneg minum minuman jenis itu, bisa dipastikan kamu juga bakalan doyan cheese tea ini. Justru kalau menurut saya, rasa asin keju-nya itu yang bikin nggak eneg dibanding minuman-minuman lain yang pakai susu.

Waktu yang Pas untuk Menikmati Koka Cheese Tea

Buat saya sih Koka Cheese Tea pas banget dinikmati kapan saja. Mau siang hari saat panas-panasnya cuaca Semarang, ataupun sore-sore adem mau sunset. Seperti yang saya lakukan kemarin Sabtu bersama teman-teman. Ngobrol-ngobrol cantik, syahdu banget ditemani semburat jingga matahari tenggelam dan berbagai macam dessert yang nikmat.

Pengunjung Loffle Pop Up Dessert di Outdoor Seating Area
Pengunjung Loffle Pop Up Dessert di Outdoor Seating Area

Loffle sendiri buka setiap hari. Jadi kamu bisa datang kapan aja. Hari biasa mereka buka mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB . Kalau mau sambil nugas dan pengen tenang bisa datang pas sore-sore aja. Pada jam itu biasanya masih nggak begitu banyak pengunjung. Kalau mau seru-seruan malam minggu rame-rame bareng temen juga bisa sih. Apalagi disana disediakan juga mainan buat rame-rame seperti UNO gitu. Kalau weekend pun mereka buka lebih lama, dari pukul 12.00 WIB sampai 22.00 WIB. Pas-in aja sama jadwal kamu gimana.

Menikmati dessert sambil seseruan main UNO sama teman-teman asyik juga ya
Menikmati dessert sambil seseruan main UNO sama teman-teman asyik juga ya

Final Review: Balik Lagi?

Sebenarnya agak salah  sih kemarin Sabtu itu saya dan teman-teman datang sekitar setengah 5-an dan pulang pas Maghrib gitu.  Karena jam-jam itu adalah jam ketika mulai banyak pengunjung berdatangan. Lokasi Loffle sendiri tidak begitu luas, jadi agak kurang nyaman kalau ramai pengunjung.

Suasana di Loffle Pop Up Dessert Downton Semarang
Suasana di Loffle Pop Up Dessert Downton Semarang

Meskipun begitu, saya nggak kecewa kok datang ke Loffle Pop Up Dessert di Pleburan itu. Alasan utama tentu karena akhirnya saya berhasil mencicipi uniknya cheese tea yang sudah heboh di berbagai negara. Rasa penasaran saya pun akhirnya terjawab! Plus ternyata rasanya memang enak. 

Kedepannya kalau ada tren kuliner dessert baru, pasti Loffle bakal jadi tujuan pertama saya sih. Siapa tahu mereka ngeluarin produk baru juga yang lagi tren itu kan. Saya sudah follow Instagram mereka juga sih di @loffle.id biar bisa memantau hahaha

Jadi, apakah saya akan balik lagi? Tentu. Apalagi bisa dapat free dessert kalau sudah 10 kali datang kesana dan berbagai rewards lainnya. Tapi mungkin kalau kesana lagi bukan pas peak hours kali ya. Demi bisa santai menikmati berbagai menu lainnya. Kalau memang mager banget tapi pengen, ya bakal order via GoFood aja sih, bisa juga kok.

Yellow Card- Reward Card dari Loffle Pop Up Dessert. Pastikan minta cap di kartu ini tiap berkunjung. Biar bisa claim berbagai macam reward nantinya.
Yellow Card- Reward Card dari Loffle Pop Up Dessert. Pastikan minta cap di kartu ini tiap berkunjung. Biar bisa claim berbagai macam reward nantinya.

Oh ya, kalau kamu anak Semarang Atas, Loffle Pop Up Dessert Uptown sudah lama pindah di Jl. Tirto Agung, lokasinya tepat di ujung tikungan, perempatan Graha Estetika. Enggak gitu jauh juga dari lokasi pertama-nya dulu.

Kalau kamu ke Loffle Pop Up Dessert, bakal cobain Koka Cheese Tea rasa apa? 

Share

28 Comments

  1. Nurul Laelatul Latifah Nurul Laelatul Latifah

    Wah pas banget minggu ini di Semarang. Okedeh coba mampir..

  2. Dora Dora

    Aku juga suka koka cheese tea nya kak! Apalagi diminum pas panas terik, jadi bikin segar

    • Hihihi cobain deh mbak koka cheese tea-nya. Biar kekinian

  3. Aku udah nyobain juga tapi masih penasaran sama menu lain yang ada soalnya variannya bannyak jadk pengen dicoba semua

    • Bener banget mbaak. Pengen cobain menu lainnya juga yaa

  4. Aku jg udah nyoba yg di tembalang. Seru ternyata rasanya ya

    • Aku yg store Tembalang di Tirto Agung belum pernah malahan mbak

  5. Masih ngebayangin sih gimana rasanya. Taoi makasih lho buat advicenya, ntar kalau ke sana nggak hari Sabtu deh. Hahaha.

    • Pas hari Sabtu juga ga papa mbak kalau siang. Masih mayan sepi soalnya

  6. Hahahaa, berani pamerin foto yang ada kumis kejunyaa, keren deh. Emang ternyata enak ya Koka cheese tea aku pengen balik lagi nih

    • Hahaha jadi maluu. Iya sama mbaak pengen cobain dessert lainnya

  7. Martha Martha

    Baru ngeh kalo ada mainannya

  8. Bikin nagih yaa mba menu-menunya, apalagi Si Koka 🙂

    • Iya mbak. Rasanya unik soalnya si Koka cheese tea ini. Aku pengen cobain menu-menu lainnya juga deh di next visit haha

  9. Penasaran deh, gimana yak rasanya perpaduan teh sama keju. Kalau ke Semarang mau deh nyobain

    • Yuk-yuk ke Semarang mbak nyobain Koka Cheese Tea dan dessert lainnya di Loffle.

  10. Pas bayangin minum teh dicampur keju itu rasanya kayak gimana gitu,, tapi kemaren nyobain punya temen,,, dan surprisingly rasanya enak dan nggak eneq, padahal aku sendiri nggak doyan susu dan nggak pernah suka dengan minuman dengan whipped cream. Cheese tea-nya Koka emang juara deh ini.

    • Iya agak bikin mikir memang naruh keju di dalam minuman. Apalagi teh ya, dan dingin. Tapi ternyata beneran enak juga

  11. Jangan datang pas peak hour. Catet aah.. TFS Vitry..

    • Iya biar bisa selow menikmati koka cheese tea dan dessert lainnya dengan tenang mbak hehehe

  12. aku balik lagi lah pasti, terakhir ke sana belum puas ngicip Koka Cheese Tea nya

    • Akupun pengen cobain koka cheese tea rasa lainnya juga. Kemarin baru cobain yang original soalnya haha

  13. Emang enak ya minum koka cheese teanya, aku suka karena nggak eneg hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *