Skip to content

Nonton Little House in the Forest: Hidup Minimalis ala Selebriti Korea

Nonton Little House in the Forest: Hidup Minimalis ala Selebriti Korea. We are busy.  Everyday at the same time. Every day seeing the same scene. There are a lot of things to do. There are a lot of calls to make. Did you ever think you wanted to escape?

Kalimat diatas membuka episode pertama variety show Korea terbaru Little House in the Forest/Little Cabin in The Woods. Tayang 6 April 2018 lalu di jaringan TVN, Little House in The Forest dibintangi oleh dua selebriti top Korea; Park Shin Hye dan So Ji Sub. Menyebut kedua selebriti itu sebagai Subject A dan Subject B, variety show Korea ini mengangkat konsep eksperimen mencari kebahagiaan. Park Shin Hye dan So Ji Sub meninggalkan kesibukan kehidupan urban, tinggal di sebuah rumah kecil/cabin di tengah alam asri Pulau Jeju. Masing-masing ditantang untuk hidup seminimal mungkin, menikmati alam, melakukan kegiatan-kegiatan sederhana agar bahagia.

Little House in the Forest: Sometimes You Just Need a Break

Tahun lalu dunia K-pop dihebohkan dengan meninggalnya salah satu personel boyband SHINee; Kim Jonghyun.  Dari awal saya udah mikir “Oh another suicide”.  Lalu, setelah berita tambah heboh mau nggak mau saya jadi kepo.  Benar ternyata dia memang bunuh diri. Dikabarkan kemudian dia memang memiliki depresi. Dalam industri hiburan Korea Selatan, kematian karena bunuh diri seperti ini pun bukan yang pertama.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Korea Selatan menduduki peringkat ke-10 sebagai negara dengan tingkat bunuh diri yang tinggi. Korea Selatan mengalami pertumbuhan ekonomi luar biasa 60 tahun terakhir. Perubahan sosial seiring perkembangan ekonomi negara ini menjadi pemicu tingginya tingkat bunuh diri.  Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea memperkirakan 90% dari bunuh diri yang terjadi disebabkan karena gangguan kesehatan jiwa seperti depresi dan kecemasan yang dipicu oleh stres.  

Nonton Little House in the Forest
Nonton Little House in the Forest

Little House in The Forest “mengajak” penonton Korea untuk sedikit menghela nafas, beristirahat dari berbagai tekanan hidup. Beristirahat dari sibuknya hidup di kota besar dan mencoba menikmati alam. Menjalani hidup sederhana tapi bermakna agar bisa bahagia.

Dua Selebriti Top Korea di Little House in the Forest        

Park Shin Hye dan So Ji Sub adalah dua selebriti Korea Selatan yang sudah banyak membintangi film hingga drama populer. Meski kamu mungkin nggak pernah dengar nama mereka, kalau kamu lihat muka keduanya pasti enggak asing lagi.

Little House in The Forest: So Ji Sub dan Park Shin Hye
Little House in The Forest: So Ji Sub dan Park Shin Hye | Credit: mediapen.com

Park Shin Hye sebelumnya sudah pernah hadir di beberapa program variety show. Ia juga tampil dalam variety show Three Meals a Day yang dikerjakan oleh Produser yang sama dengan program ini. Lain dengan So Ji Sub, kalau dari halaman wikipedia, variety show terakhirnya adalah 18 tahun lalu. Saya sendiri nggak pernah nonton So Ji Sub hadir di variety show sebagai bintang tamu sekalipun. Makanya,  excited banget  ketika saya menemukan akun instagram program variety show ini, dan mengetahui So Ji Sub ada di dalamnya.

Little House in The Forest: Menenangkan Jiwa, Menikmati Alam

Kalau kamu nggak begitu ngikutin hingar bingar Korean Pop Culture,  variety show Korea yang kamu tahu pasti hanya Running Man. Salah satunya mungkin ketika ada friendly match sepakbola lawan Tim Nasional Indonesia beberapa tahun lalu. Karena nggak bisa dipungkiri dia adalah program televisi Korea yang bikin heboh di berbagai negara.  Tapi, tahukah kamu kalau ada berbagai program televisi Korea yang nggak melulu games heboh-heboh seperti itu? Sebelumnya saya pernah menulis tentang Hyori’s Bed and Breakfast, program televisi Korea yang berlatar di Pulau Jeju dengan konsep menjadikan rumah selebriti top Korea sebagai Bed and Breakfast.

Sama-sama berlatar di Pulau Jeju, Little House in The Forest mengajak kita untuk lebih menikmati alamnya. Suara air yang mengalir di sungai, burung-burung bersahutan di kejauhan, ranting-ranting dan daun yang saling bergesekan karena angin, hingga ademnya suara hujan. Kalau nonton acara ini, saya rekomendasikan pakai headset! Resiko ngantuk setelahnya tapi ditanggung sendiri ya. Saya pun nggak bisa nonton satu episode program ini in one sitting. Biasanya pasti berhenti di tengah karena keburu ngantuk. Tapi memang rekomen sekali untuk mereka yang sedang butuh menenangkan jiwa hahaha

Little House in The Forest: Karya Terbaru dari Sutradara Favorit

Ketika program Youn’s Kitchen season 2 edisi Tenerife, Spanyol berakhir, saya menunggu kira-kira variety show apa lagi yang akan dikerjakan Na Yeong Seok PD (Na PD). Kalau kamu tidak familiar dengan nama itu, silahkan browsing saja, atau baca tulisan saya sedikit tentang dia disini.

Sejak keberhasilan variety show 2 Days 1 Night karyanya, Na PD disebut sebagai salah satu pioneer tren-tren dalam industri televisi Korea. Berbagai penghargaan pun sudah ia raih. Meski baru “kenal”, buat saya sendiri karya-karya Na PD ini memang beda. Mulai dari mengajak aktor-aktor senior Korea, yang sudah kakek-kakek gitu untuk traveling on budget ke Eropa dan Asia, sampai bikin aktor papan atas buka warung makan di luar negeri (salah satunya di Indonesia!). Enggak ada kayaknya program karya Na PD yang  nggak laku dan jadi hot topic di negeri Ginseng sana.

Nonton Little House in The Forest
Nonton Little House in The Forest | Credit: TVN – biztribune.co.kr

Little House in The Forest kali ini juga cukup beda. Meski sama-sama bernuansa calming seperti bebebera variety show bikinan Na PD lainnya, konsepnya kali ini sepertinya memang belum pernah ada. Membuat dua orang aktor top Korea untuk hidup minimalis tinggal di hutan.

Sekarang Little House in The Forest ini sudah memasuki episode ke-9. Saya sendiri baru nonton sampai episode 4. Untuk kamu yang sedang stres dan butuh tontonan yang menenangkan jiwa, variety show ini cukup saya rekomendasikan sih. Sungguh hal-hal yang terkait dengan Korea itu lebih dari sekedar mas-mas dan mbak-mbak cantik nari-nari kok. Selamat menonton!

Share

15 Comments

  1. Oh ini variety show y..aku awam banget per-korea-an ik…hehe..

    • Iya variety show mbak. Mungkin bisa coba ditonton ini aku pun korea-korean kalau musik2 Kpop-nya juga ga mudeng sama sekali

    • Seru mbaak. Tapi mungkin bagi sebagian orang membosankan malahan bisa jadi

  2. Stress karena kesenjangan sosial banyak dirasakan juga di Indonesia ya. Beberapa berita kejadian bunuh diri dan atau sekaligus membunuh anggota keluarga karena khawatir akan masa depan.

    Variety show korea aku hanya ngikutin superman return yg episode daehan minguk manse aja sama running man. Bisa jd tambahan list nonton nih. Hehe

    • Iya bener sekali. Wah aku juga suka superman returns daehan minguk manse. Gara2 itu jadi nonton variety show korea lainnya malahan

  3. Aku kira ini film yg dimainin Ryu Jun Yeol itu ya ternyata variety show. Penasaran ih jadinya pengen nonton. Apalagi di Jeju kan yg udah terkenal sama keindahan alamnya

    • Ryu Jun Yeol itu yg main di Reply88 kan ya? *suka ga ingat nama artis Korea wkwkw* Dia main film baru? Ga tau aku malahan judulnya apaan?

  4. Aku lama banget gak ngikutin Variety show Korea, kalo dari Jepang suka krn anak yg nonton, hahahaa. Tapi baca review kamu, jadi mupeng nonton dah

  5. Aku udah lama bgt ga ngikutin per-Korea-an selain udah insyaf juga sih haha. Paling suka ngintip sekelebatan kalo pas lagi nonton TV kabel tp ga ngikutin. Idenya menarik juga ya

    • Hahaha “insyaf” ya mbak? Dulu anak kpop atau gimana?

  6. udah lama penasaran sama varshow ini, tapi lupa download mulu hihihi…kesenengan nonton varshow lain soalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *